Pembentukan FKMB berawal dari sekelompok mahasiswa asal Banjarmasin di Kota Malang dari berbagai universitas yang memiliki rasa ketertarikan untuk berkumpul. Atas dasar itulah munculah pemikiran untuk membentuk sebuah perkumpulan mahasiswa Banjarmasin. Untuk merealisasikan hal itu, dalam waktu 2 minggu dipersiapkanlah segala sesuatu hal yang diperlukan menyangkut keberadaan sebuah perkumpulan atau yang lajimnya disebut organisasi. Akhirnya pada tanggal 11 November 2001, bertempat di Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (AMKS) Pangeran Hidayatulah, Malang, digelar rapat akbar yang diberi tema “Pembentukan Ikatan Persaudaraan Mahasiswa Banjarmasin” (IPMB) yang bentuk kegiatannya berupa pembuatan, pembahasan, dan penetapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), serta pemilihan dan penyusunan struktur kepengurusan organisasi. Rapat akbar yang diikuti sekitar 90 mahasiswa Banjarmasin tersebut akhirnya melahirkan sebuah organisasi yang bernama Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB) Malang, Jawa Timur dengan ketua umum FKMB periode 2001-2002, yaitu Mario Wal Iqro.





Pada kepengurusan FKMB periode 2003-2004, Pengurus Besar FKMB memprioritaskan penyediaan fasilitas organisasi berupa kesekretariatan yang pada periode sebelumnya belum dimiliki. PB FKMB mengajukan penyediaan kesekretariatan tersebut kepada Pemerintah Kota Banjarmasin. Alhamdulillah, permintaan tersebut direspon dengan positif berupa pembelian sebuah rumah yang kemudian dijadikan asrama mahasiswa Banjarmasin sekaligus kesekretariatan FKMB. Seiring berjalannya waktu, sekarang FKMB telah memiliki dua buah asrama, yaitu asrama putra dan asrama putri. Keduanya diberi nama yang sama, yaitu Asrama Mahasiswa Pemerintah Kota Banjarmasin “KAYUH BAIMBAI“.
Bagi mahasiswa Banjarmasin yang studi di Malang dan ingin bergabung dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB), datang saja ke kesekretariatan FKMB yang berada di Asrama “Kayuh Baimbai” Putra. FKMB juga akan membantu adik-adik yang ingin melanjutkan studi di Malang, ingin mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi yang ada di Malang, kondisi perkuliahan dan kehidupan mahasiswa di Kota Malang, serta ingin bergabung dalam FKMB. Keluarga Asrama Mahasiswa Pemerintah Kota Banjarmasin “Kayuh Baimbai” menerima mahasiswa asal Banjarmasin untuk tinggal di asrama.

Sekretariat FKMB (Asrama “Kayuh Baimbai” Putra)
JL. Terusan Sigura-gura Blok. D No. 167A, Malang.
e-mail (FS): fkmb_malang@yahoo.co.id/
http://fkmbanjarmasin.blogspot.com

Asrama “Kayuh Baimbai” Putri
JL. M.T. Haryono Gg. 17 (samping RSI UNISMA)
No. 150 RW. 3 RT. 8
Kel. Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Malang.
e-mail/Fs: kayuh_baimbaiputri@yahoo.co.id

Asrama Putra

Asrama Putri