FKMB Goes to Schools "EXPO CAMPUS 2013"





Orang berilmu dan beradab  tidak akan diam di kampung halaman

Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan

Jika mengalir menjadi jernih. Jika tidak, kan keruh menggenang

Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa

Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam

Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari  tambang

Kayu gaharu  tak ubahnya seperti kayu biasa

Jika di dalam Hutan.                                                                        Imam Syafi’I
                                                                                                                dalam Novel Negeri 5 Menara 




Acara “Expo Kampus 2013” Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB Malang) terdiri dari 3 agenda utama, yaitu:
1.      Persiapan di Banjarmasin
            Sebelum menjalankan program-program yang telah dirancang dalam rapat mingguan FKMB Malang di markas asrama “Kayuh Baimbai”. Persiapan pembentukan kepanitiaan dan pembagian tugas dibutuhkan pula untuk mematangkan perencanaan. Mengambil tempat di KopiSob Banjarmasin, rapat persiapan dihadiri oleh 6 orang anggota FKMB yang sedang berdomisili di Banjarmasin dalam rangka liburan semester.
Dari situ kita menyepakati jalannya “Expo Kampus 2013” FKMB dimulai dari tanggal 28 Februari 2013. Dihari permulaan itulah kita menyiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan mulai dari poster, brosur, pembuatan dan pembuatan slide. Sekaligus mengumpulkan partner-partner FKMB baik yang akan datang atau sudah ada di Banjarmasin untuk turut serta berpartisipasi. Selain itu ditanggal 29 Januari 2013, kita melaksanakan pembagian surat izin expo kampus ke sekolah-sekolah yang sudah ditargetkan.
            Adapun beberapa kendala dan rintangan yang didapati dilapangan lumayan beragam, sekiranya itu akan dijabarkan dengan harapan dapat menjadi pembeajaran bagi agenda tahunan ini berikuntnya. Rintangan/Kendala tersebut berupa:
-          Pencetakan Poster
Berhubung terdapat miskomunikasi dan miskoordinasi dengan partner FKMB yang berdomisili di Malang, pada akhirnya poster harus dicetak di Banjarmasin yang saat itu menurut rekomendasi sekitar merujuk pada JagoPrint Digital Printing. Sayangnya kualitas pelayanan dan akuntabilitas harga tidak sebagus seperti yang diceritakan, dimana 1 poster A3 dihargai Rp 10.000,- (harga tersebut berkisar 3x lipat dari harga percetakan di Malang). Dengan harga segitu, pencetakan poster masih mundur dari hari yang dijanjikan sehingga menyebabkan kemoloran waktu pembagian surat izin expo kampus.
-          Brosur yang  belum lengkap
Dikarenakan beberapa kesulitan dalam mendapatkan brosur kampus, yang tersedia hanyalah brosur dari Universitas Brawijaya, ITN, Universitas Islam Negeri Malik, dan Maulana Ibrahim Malang.
-          Birokrasi dan Disposisi surat antara Bidang Kesiswaan dan Bidang Kurikulum
Beberapa sekolahan memiliki birokrasi yang rumit dalam periziinan ekspo kampus. Jadi perlu usaha yang gigih untuk memastikan waktu sosialisasi dapat terlaksana.
2.      Sosialisasi di Sekolah Menengah Atas wilayah Banjarmasin
Hasil dari pembagian surat izin yang dilaksanakan oleh Partner Nanda, Yahya, Helmy, Iriza, Falah, Fadhil, dan Ary membuahkan jadwal perjanjian di 4 sekolah (MAN 2 Model Banjarmasin, SMAN 7 Banjarmasin, SMAN 1 Banjarmasin, dan SMKN 1 Banjarmasin). Sedangkan sekolah-sekolah lainnya ada yang menunggu konfirmasi serta menolak secara halus. Proses konfirmasi “Expo Kampus 2013” FKMB membatasi waktu hingga tanggal 2 Februari 2013 diperpanjang menjadi 5 Februari 2013. Ternyata tidak ada sekolah lagi yang mengkonfirmasi hingga tanggal tersebut, malahan SMAN 10 Banjarmasin yang sebenarnya diluar target sosialisasi menyatakan keinginannya untuk dapat didatangi oleh partner FKMB “Expo Kampus 2013” berkat bujukan dari alumni FKMB yang telah bekerja di sekolah tersebut, Kakak Farina. Akhirnya kita menetapkan 5 sekolah yang akan didatangi, sedangkan MAN 1 Banjamrasin yang baru konfirmasi ditanggal 12 Februari 2013 dipastikan tidak termuat dalam agenda. Secara rigid jadwal “Expo Kampus 2013” FKMB Malang ialah sebagai berikut:
Nama Sekolah
Tanggal/Jam
Proses Sosialisasi
Keterangan
Panitia
MAN 2 Banjarmasin
30 Januari 2013/12.00-selesai
Auditorium
Telat 1 jam dikarenakan jadwal rapat guru
Falah, Fadil, Iriza, Yahya, Nanda, Ary, Meidina, Lintang, Sofia.
SMAN 1 Banjarmasin
31 Januari 2013/10.00-12.00
4 kelas (IPA, IPS, dan Akselerasi)
Cuaca hujan tidak mendukung
Kahfi, Arif Tirtana, Meidina, Fadhil, Ary, Nanda.
SMKN 1 Banjarmasin
31 Januari 2013/12.00-14.00
Auditorium
Cuaca hujan tidak mendukung
Kahfi, Arif Tirtana, Meidina, Fadhil, Ary, Nanda
SMAN 7 Banjarmasin
1 Februari 2013/08.30-selesai
1 Kelas (mengumpulkan perwakilan dari kelas IPA dan IPS
Ruangan kelas kecil
Iriza, Ary, Meidina, Dwima Z, Ayu G, Fajar, Bayu S, Helmy, Kahfi, Nanda.
SMAN 10 Banjarmasin
7 Februari 2013 / 10.00-selesao
1 Kelas IPA dan IPS
jarak yang jauh
Falah, Yahya, Nanda


            Adapun beberapa kendala dan rintangan yang didapati dilapangan lumayan beragam, sekiranya itu akan dijabarkan dengan harapan dapat menjadi pembeajaran bagi agenda tahunan ini berikuntnya. Rintangan/Kendala tersebut berupa:
-          Ketepatan Acara
Dikarenakan berbagai macam kendala yang diluar dugaan atau faktor alam seperti hujan, di beberapa sekolah acara biasanya molor dari 15 menit hingga 1 jam.
-          Alat transportasi panitia
Berhubung kebanyakan panitia yang dapt berhadir tidak memiliki transportasi, seringkali tidak jadi berhadir atau menunggu kedatangannya yang lumayan menyita waktu.
-          Konfirmasi jumlah panitia yang dapat berhadir
Memastikan informasi dapat tersapai kepada anggota FKMB Malang dan memastikan kehadirannya pada saat acara sungguh sanagat sulit. Hal ini seringkali menjadi beban tersendiri mengenai jumlah “fix” yang dapat ikut saat sosialisasi.
3.      Sosialisasi di Car Free Day Sabilal Muhtadin
Pada awalnya, sosialisasi “Expo Kampus 2013” yang diinginkan dapat terlaksana ialah melalui jalur alternatif kolom di koran dan siaran di salah satu radio swasta Banjarmasin. Akan tetapi hal ini tidak dapat terealisasi karena waktu yang terlalu singkat dari kehadiran panitia expo kampus dengan jadwal siaran radio yang sudah terbentuk hingga beberapa pekan kedepan. Untuk menanggulangi masalah tersebut, partner Kahfi mengisiasi melaksnakan sosialisasi di Car Free Day Sabilal Muhtadin.
Expo Kampus 2013 FKMB Malang berjalan sederhana dengan bermodalkan mobil milik partner Kahfi dan beberapa brosur, poster, dan spanduk ulahan tangan. Walaupun memang kurang berjalan maksimal, akan tetapi hal ini diapresiasi oleh warga Banjarmasin secara luas yang bertanya-tanya tentang keberadaan FKMB Malang di Car Free Day tersebut.











Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar