H. Muhidin dan Pejabat Pemko beserta Dirut PDAM Urunan untuk Asrama dan Mahasiswa Banjarmasin di Malang





“Kebetulan disini hadir pejabat-pejabat, ayo kotak ini kita isi duit dari dompet masing-masing tapi jangan dihitung mengambilnya berapa!”, ucap H. Muhidin sambil membawa keliling “kotak sumbangan dadakan” tersebut ditengah-tengah acara.
            Kedatangan rombongan Walikota bersama dengan Pejabat Pemkot Banjarmasin dan Direktur Utama PDAM ke Asrama Putri Banjarmasin di Malang hari Kamis (22/08/2013) kemarin, terkait untuk memantau keadaan mahasiswa dan asrama putra-putri Banjarmasin yang ada di Malang.
            Kondisi baik asrama putra dan putri yang sudah sangat memprihatinkan, sudah sepatutnya memerlukan perhatian dari pemerintah Banjarmasin. M. Zainul Fuad, Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB) di Malang menyampaikan “Kami sangat senang menyambut kedatangan Bapak Walikota di asrama ini, terlebih lagi sebagai Walikota pertama yang berkenan mau menjenguk keadaan kami secara langsung yang sebenarnya telah lama dilupakan. Semoga dengan kunjungan ini harapan asrama dapat diperbaiki dan keberlangsungan organisasi FKMB mewadahi mahasiswa Banjarmasin dapat terlaksana.”
            Semenjak peresmian organisasi FKMB dan Asrama Putra di tahun 2001 dan berlanjut dengan pengadaan Asrama Putri di tahun 2007, perhatian untuk perbaikan asrama yang bocor dan penunjangan aktivitas organisasi terasa sangat minim.
            Padahal jumlah mahasiswa Banjarmasin yang berkuliah di kota Malang setiap tahunnya berkisar dari angka 300-500 orang, meliputi beberapa kampus seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, UMM, Institut Teknologi Nasional Malang, dan beberapa perguruan tinggi suasta lainya. Dengan kondisi tersebut, Asrama milik Pemkot Banjarmasin sangat tidak memungkinkan memfasilitasi mahasiswa banua di Malang.
            Hal tersebut diamini oleh Bapak Walikota setelah meninjau kondisi bangunan asrama, “Saya dapat informasi kita memiliki asrama di Malang yang kondisinya kurang layak, dan ternyata memang perlu diperbaiki. Katanya kalah apabila dibandingkan asrama dari kota/kabupaten di Kalsel yang lainnya, ini harus segerah kita benahi.”
            Menyambut ucapan tersebut, Kabag PU yang juga berhadir dalam kesempatan itu menjanjikan penggantian atap yang bocor akan dijalankan dalam waktu dekat ini. Asrama Putri juga akan direnovasi untuk penambahan kamar. Sedangkan untuk Asrama Putra, akan dilaksanakan perombakan besar untuk membangun lantai 2 di tahun anggaran 2014 Pengerjaannya akan memfokuskan pada penambahan kamar dan perbaikan properti agar bisa memfasilitasi mahasiswa asal Banjarmasin lebih baik lagi.
            Bapak Walikota Banjarmasin juga menambahkan “Kita juga akan bangun Asrama Banjarmasin di Yogyakarta karena mahasiswa kita disana juga banyak. Semoga pengadaan anggaran dan tanah dapat terealisasi disetujui DPRD pula”.
            Pada kesempatan itu, Direktur Utama PDAM, Ir. H. Muslih memberikan bantuan kepada mahasiswa. “Ini sekedarnya saja dari Dirut PDAM ada 10 M. Bukan miliar tapi million (juta),” canda Bapak Walikota.
            Tak lama kemudian, Abah Muhidin sapaan akrab beliau berkeliling membawa “kotak sumbagan dadakan” ke asisten,staf ahli, dan jajaran rombongan pemkot. “Kebetulan disini hadir pejabat-pejabat, ayo kotak ini kita isi duit dari dompet masing-masing tapi jangan dihitung mengambilnya berapa!”, ucap H. Muhidin sambil membawa keliling “kotak sumbangan dadakan” tersebut ditengah-tengah acara. Alhasil terkumpul dana 5 juta rupiah, “Nah! Ini pas, kalau begitu saya genapkan saja jadi 10 juta”.
            Beliau berpesan “Ini tidak seberapa nominalnya untuk renovasi sementara, tapi bantuan ini dapat digunakan untuk kebutuhan asrama yang urgent, khususnya terkait properti dan atap yang rusak, serta kegiatan organisasi dalam waktu dekat ini.” Selain itu, Bapak Walikota juga menandatangani Surat Keputusan Kepengurusan organisasi FKMB. Yang diharapkan dapat menjembatani pemkot dengan mahasiswa di Malang, agar kedepannya dapat memberikan kontribusi ke banua asal, kota Banjarmasin.

Penulis
Muhammad Farayunanda Ralufzie,
Mahasiswa Hubungan Internasional UB, Pers Mahasiswa.

Dokumentasi
Suasana penyambutan

Suasana Peninjauan Asrama, didapmpingi: Ketua FKMB, Asisten, Kabag Kesra, Walikota, dan kabag PU.
Suasana Ramah Tamah



Pemberian Hibab

Penandatanganan SK Organisasi
Walikota Banjarmasin Urunan

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Udin
AUTHOR
25 Agustus 2013 00.54 delete

Luar Biasa!

Reply
avatar
27 Agustus 2013 07.50 delete

Alhamdulillah, Semoga FKMB dan Asrama terus sukses!

Reply
avatar