FKMB BAIMAN (BALAJAR WAN BARAMIAN) di BATU




Assalamu’alaikum Wr. Wb
Naaah ini nih bentuk nyata dari program kerja sanak kita dari divisi LITBANG, Training Organisasi (TO) dan Rafting FKMB dengan judul FKMB Baiman (Belajar wan Beramian). LITBANG merupakan salah satu divisi dari FKMB yang bertujuan untuk melakukan penelitian untuk perkembangan anggota-anggota FKMB. Emang apa sih yang didapat dari TO ini? Banyaaak banget, mulai dari kiat-kiat jadi mahasiswa sejati (bukan mahasiswa abadi yaaa :D)  sampai pembelajaran tentang public speaking. 
Acara ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Maret 2014 di kota Batu tepatnya di daerah Kaliwatu. Di sana disediakan tempat untuk melakukan Training Organisasi dan tenda untuk menginap. Ini nih tempatnya

            Pada hari pertama para peserta dan panitia TO berkumpul di asrama putra Kayuh Baimbai di jalan Terusan Sigura-gura jam 07.00 pagi. Kemudian berangkat bersama-sama ke kota Batu sekitar pukul 07.30 pagi dan sampai di kota Batu sekitar pukul 08.30. Di sana peserta langsung disuguhi games agar lebih mengenal satu sama lain. Setelah games selesai langsung masuk ke materi pertama.
Materi pertama adalah MAHASISWA SEJATI yang dibawakan oleh kak Aan (Terima Kasih untuk kak Aan dari FKMP :D). kak Aan ga cuman berbagi kiat-kiat menjadi mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi, tapi juga tetap bisa menyeimbangkan dengan tugas di perkuliahan. Banyak juga pengalaman-pengalaman selama beliau berkuliah di Malang yang beliau bagikan. Ini nih seriusnya para peserta mendengarkan materi dari ka Aan

Naah yg ini waktu games dan pada kena hukum 


Materi kedua dari kak Nanda selaku ketua FKMB yaitu FKMB 2014. Kak Nanda menjelaskan divisi-divisi yang ada pada FKMB, tugas dari masing-masing divisi dan program kerja yang telah dilaksanakan atau yang akan dilaksanakan. Pada sesi kedua ini peseta diharapkan tahu dan dapat tetap fokus pada tugas dari divisi-divisinya namun tetap saling melengkapi dengan saling membantu dalam sebuah program kerja. Selain itu juga diharapkan ada inovasi-inovasi baru dari setiap divisi yang dapat dijalankan sebagai program kerja di tahun 2014 ini. Liat deh tegangnya peserta ndengerin ka Nanda mendongeng :D


Naaaah udah masuk ke sesi ketiga nih. Ini adalah sesi paling seru sepanjang TO ini. Sesi ketiga ini diisi dengan UGD (Unit Grup Discussion). Apatuh UGD? UGD itu grup diskusi ilmiah yang mana peserta berada dalam sebuah kelompok, bersama dengan panitia yang akan menyampaikan materi di beberapa pos (kebetulan kemaren ada 3 pos) dan peserta  secara bergantian menghampiri pos-pos tsb. Pos yg pertama ada kak Fuad, kak Nadia, dan kak Billy yang menyampaikan sejarah dan perkembangan FKMB mulai dari di bentuk hingga sekarang, di pos kedua ada kak Nanda, kak Raisa, kak Reny dan kak Icha yang menyampaikan……. Emmm.... emmmm......... (tik...tok...tik...tok...) Sebenaranya peserta sih yang disuruh menyampaikan unek-uneknya disini :D. Peserta diminta menyampaikan apapun yg ada di dalam fikiran mereka tentang kekurangan ataupun apa yang harus diperbaiki dari FKMB sekarang serta harapan kedepannya. Hal ini dilakukan agar kita dapat berjalan bersama dan memperbaiki kekurangan kita bersama-sama J. Di pos ketiga ada kak Kahfi dan kak Ian yang menyampaikan materi mengenai public speaking mulai dari cara-cara yang kita gunakan saat berbicara hingga pemilihan kata dan cara kita memberikan tatapan yang tegas serta berwibawa di hadapan audience.
Lanjuuuutttt, setelah UGD, sholat, dan makan malam, sekarang masuk ke sesi ‘inaugurasi’. Inaugurasi ini maksudnya adalah pembuktian ide-ide, konsep, gagasan, dan pembuktian apakah peserta sudah siap jika nantinya harus merencanakan dan membuat sebuah acara dalam event FKMB. Sebelumnya, peserta untuk masing-masing kelompok diberikan waktu untuk merancang sebuah acara, sebut saja contohnya adalah HUT FKMB. Dan terakhir, tiap kelompok mempresentasikan detail hasil rancangannya di depan forum untuk dinilai dan ditampung ide-idenya. Jadi, secara tidak langsung, peserta sudah ikut berpartisipasi menyumbangkan ide untuk perayaan HUT FKMB yang akan jatuh pada tanggal 11 November nanti.
Keesokan harinya,  tepatnya jam 7 pagi peserta-peserta memperkenalkan game yang diciptakan oleh tiap-tiap kelompok dan memainkan semuanya bergantian. Permainan-permainan tersebut berpadu dalam dinginnya Kaliwatu sehingga terasa sangat menyegarkan dan nyaman. Setelah sarapan pagi siap, permainan pun berakhir. Main udah, makan udah, terus berangkat deh ke tempat rafting.
Rafting (arung jeram) itu sebenarnya olahraga-permainan yang asik dan aman selama dilakukan sesuai dengan peraturan. Rafting melatih kita untuk bekerjasama dengan rekan setim dan melatih kemampuan koordinasi seluruh anggota tim agar perahu tidak terbalik. Sebelum memulai rafting kami menyimak baik-baik apa yang disampaikan dalam briefing untuk mengatasi keadaan-keadaan tak terduga. Ekspresi-ekspresi terukir di wajah peserta dan panitia, ada yang seneng, ada yang takut, ada juga yang sempet narsis (Ketua FKMB)... Nih gambarnya 






Kegiatan FKMB Baiman ini diakhiri dengan pembagian hadiah pada peserta pria terbaik dan wanita terbaik, serta kelompok-kelompok dengan berbagai kategori. Di sesi ini semua peserta kelihatan cengar-cengir kegirangan (ya iyalaah.. kan dapat hadiah). Tapi mereka (peserta) bilang kalo mereka senang bukan hanya karena dapat hadiah, tapi juga dapat makan *ups – maksudnya dapat ilmu yang bisa berguna buat ke depannya nanti, dapat keseruan yang bisa dibilang unforgetable gitulooh, dapat motivasi, tips, dan masih banyak lagi pokoknya. Intinya, TO ini bermanfaat dan seru abis. Namanya juga “Belajar wan Baramian”.

FKMB BAIMAN !!
BAUNTUNG, BATUAH!

Wasalamu’alaikum Wr Wb















Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
24 April 2014 04.40 delete

keren gila acaranya,,, kangenn pngend balik lagi, ayuk TO lagi :D

Reply
avatar
26 April 2014 03.19 delete

AYO SANAK!!! Siapkan destinasi selanjutnya

Reply
avatar