Press Release
Halal Bi Halal Akbar 2014
(Sabtu, 2 Agustus 2014 – Aula Kayuh Baimbai, Balaikota Banjarmasin)

            Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1435H, Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB) mengadakan rangkaian kegiatan Halal Bi Halal Akbar FKMB 2014. Untuk menjalin silaturahmi antara berbagai pihak, yang memiliki subtansi penting dalam proses pembangunan kota Banjarmasin. Silaturahmi ini menjadi sangat khusyuk dan penting karena dihadiri oleh beberapa nama besar dan cita-cita yang sangat baik untuk masa depan tidak hanya FKMB, tetapi juga kota Banjarmasin.

            Adapun pihak dan subtansi dari target kegiatan Halal Bi Halal Akbar FKMB 2014 adalah sebagai berikut;

  • -          Pelantikan Kepengurusan Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB) Malang Periode 2014/2015 oleh Walikota Banjarmasin yang diwakilkan oleh Wakil Walikota Banjarmasin, yang baru saja terdaftar dalam Notaris dan SKT Kesbangpol.

  • -          Pembacaan Deklarasi Pembentukan Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB) se- Indonesia yang disaksikan oleh Menteri Riset dan Teknologi RI, Prof.Dr.Ir.H. Gusti Muhammad Hatta yang sekalian juga memberikan materi mengenai peran-peran pemuda lokal untuk mengatasi permasalahan Banjarmasin hingga Indonesia. Proses pembacaan deklarasi ini diikuti oleh semua mahasiswa yang berhadir dengan khidmat.

  • -          Pembentukan Tim Formatur Ikatan Alumni Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (IKA FKMB) Malang yang akan dilanjutkan dengan pembentukan Organisasi Terstruktur IKA FKMB. Adapun yang menjadi Ketua Tim Formatur adalah Bapak Irwansyah MSc bersama dengan Ketua-Ketua FKMB Kepengurusan Periode sebelumnya.


Dalam sambutan yang diberikan oleh Ketua Pelaksana Halal Bi Halal FKMB menekankan, Kegiatan ini menjadi wadah silaturahmi antar mahasiswa dan alumni agar bisa saling berkontribusi untuk pembangunan kota Banjarmasin, Ujar Antoni. Sedangkan setelah itu, Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB) Sdr.Muhammad Farayunanda menghendaki aspirasi mahasiswa perantaun selama ini terkait fasilitas asrama dan beasiswa dapat disalurkan dalam kegiatan ini sebaliknya pemerintah kota Banjarmasin dan provinsi Kalimantan Selatan dapat mendiseminasikan kontribusi seperti apa yang dapat dibantu para alumni mahasiswa perantauna dan mahasiswa aktif yang berhadir.
Wakil Walikota Banjarmasin yang mewakili Walikota karena sedang mengikuti kegiatan Haul Kalampayan menyambut positif peran aktif mahasiswa dari organisasi FKMB Malang ini. Bapak H.Irwan anshari mengingikan agar mahasiswa tidak hanya bisa ngeksis lewat sosmed dan berbagai perkebangan teknologi sekarang, melainkan juga update dengan berita permasalahan dan aktif memberikan solusi didalamnya. Beliau menginginkan FKMB tidak sebatas Forum Komunikasi tetapi juga Forum Aksi. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengkonfirmasi pembangunan asrama Banjarmasin dibeberapa wilayah sedang dalam proses, adapun terkait beasiswa akan diagendakan tahun depan khusus untuk mahasiswa yang kurang mampu. Adapun sambutan dari Wakil Gubernur yang diwakilkan oleh staf ahli cenderung bersifat general dan normatif.
Acara pelantikan berjalan khdimat, diiringin dengan pembacaan sumpah kepengurusan dan sambutan dari para tamu yang berhadir.

Adapun diskusi bersama Menteri Riset dan Teknologi Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta  berjalan sangat interaktif, dengan dimoderatori oleh Ibu Dewi. Bapak Menristek berpesan agar mahasiswa dapat menguatkan softskill dan meluaskan jaringan networking, yang didapatkan dari berorganisasi bukan perkuliahan. Keseimbangan antara aktif ilmiah dan berkehidupan sosial juga patut untuk diperhatikan dan dilaksanakan. Adapun dalam kesempatan tersebut juga Bapak Menteri menyambut baik Pemerintah Kota Banjarmasin yang sedikit demi sedikit terus membenahi kota, khususnya terkait sistem pengelolaan sampah hingga pemberdayaan sumber daya manusia yang lebih baik melalui pembekalan aparatur pemerintahan dan kegiatan kepemudaan. Diskusi dari mahasiswa  alumni hingga pejabat membahas urusan dari pengelolaan sampah hingga dukungan penggunaan sumber daya energi alternatif menggunakan nuklir di Kalimantan Selatan, menjadi tolak ukur bahwa cita-cita Banjarmasin Bungas harusnya dapat dirasakan oleh semua pihak, tidak terkecuali yang diperantauan.


Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Pembacaan dan Penandatanganan Deklarasi Pembentukan Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin se-Indonesia. Ditandangani oleh perwakilan mahasiswa Banjarmasin yang merantau di Bandung, Jabodetabek, Malang, Makasar, Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. Pembacaan isi deklarasi yang memuat 3 poin utama untuk ikut berkontribusi pada pembangunan kota Banjarmasin walaupun di perantauan, diikuti oleh seluruh mahasiswa yang berhadir berjumlah ratusan orang. Sangat menggugah, mendebarkan, dan membanggakan disaat yang bersamaan.

Dilanjutkan oleh pembentukan Ikatan Alumni Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (IKA FKMB) Malang, Bapak Irwansyah selaku ketua Tim Formatur membacakan SK Pembentukan dan mengajak alumni mahasiswa Banjarmasin di perantauan untuk mengembalikan semangat pembangunan banua yang kolaboratif. Agar nada-nada optimisme dan idealisme ini tidak menguap, acara ditutup dengan pembacaan doa dan konferensi pers, beserta ramah tamah jamuan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.
“Kayuh Baimbai, Gawi Sabumi, Haram Manyarah, Sampaing Manuntung”
                                                            Salam Mahasiswa! Hidup Indonesia
Forum Komunikasi Mahasiswa Banjarmasin (FKMB)

Mengajak semua mahasiswa Banjarmasin Perantauan dan Alumni untuk BERGABUNG MEMBANGUN BANUA!!!

Kontak Perwakilan
Ikatan Alumni FKMB Malang        :081348013888 (Irwansyah,S.Sos,M.Si)
                                                             081953407322 (H.M.Kamil Ramma O,M.PD)
                                                             085748849292 (Zainul Fuad)
           
FKMB Malang                                  :085752246442 (M. Farayunanda R/UB)
                                                             08971118810 (M. Zaki Mubarak/UMM)
FKMB Bandung                               :081312391819(Ghina Fairuz /Unpad)
FKMB Jabodetabek                         :085248080344 (Khairi Fuady/UIN Jkt)
                                                             087816185556 (Ahmad/UI)
FKMB Makasar                                :085241013303 (M.Yusrin AL Ghifari)
FKMB Surabaya                              :085235487391 (Leryan Dona Doni/ITS)
FKMB Solo-Semarang                     :089673914789 (Fenny Novia A/Poltekes)
                                                            087836614880 (Aulia Rahman A/UMS)
FKMB Yogyakarta                           :085710592669 (Nisfaida Fadhilla/UTY)
                                                             08971132117 (Najmi Wahyugifari/UGM)
Form Alumni (KLIK)